Minggu, 12 Juli 2009

Al -Muqqadiim(Maha Mendahulukan) dan Al Muakhkhir( Maha Mengakhirkan)

Siti Rohmah

ALLAH memiliki nama-nama yang baik yang disebut dengan Asmaul Husna.
Rasulullah SAW menjelaskan bahwa al-Asma al-Husna ini jumlahnya ada 99, karena ALLAH menyukai bilangan yang ganjil.

Sesungguhnya ALLAH mempunyai sembilan puluh sembilan nama, yaitu seratus kurang satu. Barangsiapa menghitungnya, niscaya ia masuk surga. (H.R. Bukhari dan Muslim)

Sembilan puluh sembilan nama tsb menggambarkan betapa baiknya ALLAH. Nama-nama dalam Asmaul Husna ini, ALLAH sendirilah yang menciptakannya.

Dia-lah ALLAH yang Menciptakan, yang Mengadakan, yang Membentuk Rupa, yang Mempunyai Nama-Nama yang Paling baik. Bertasbih kepada-Nya apa yang ada di langit dan di bumi. Dan Dia-lah yang Maha Perkasa lagi Maha Bijaksana. (QS. Al-Hasyr: 24).

salah dari 99 asmaul husna tersebut yaitu; Al Muqaddim dan Al Muakhir


Al Muqaddim( Maha Mendahulukan)

Yaitu Alloh mempunyai sifat yang maha kuasa mendahulukan atau yang maha mempercepat. Bila Alloh berkehendak, Alloh sanggup mempercepat segala sesuatu yang menurut akal manusia mustahil/ di luar jangkauan manusia. namun bagi Alloh semuanya sangatlah mudah. Alloh bisa mendahulukan/mempercepat azabnya kepada orang yang ingkar dan Alloh juga bisa mendahulukan ni`matnya kepada orang-orang yang sholeh yang di kehendakinya. sebagaimana firman Alloh yang artinya" Jika Alloh menimpakan sesuatu bencana kepadamu, tidak ada yang menghilangkannya selain Dia. Dan jika Dia mendatangkan kebaikan kepadamu maka dia maha kuasa atas segala sesuatu."( QS. Al-An`am[6]:17)
Dia juga berfirman;
"Katakanlah, maka siapakah yang dapat menghalangi kehendak Alloh jika Dia menghendaki bencana bagimu atau jika dia menghendaki keuntungan bagimu. Sungguh, Alloh maha meneliti dengan apa yang kamu kerjakan."( Al-Fath[48]:11)
Didalam Al-quran banyak kisah-kisah yang menggambarkan kekuasaan Alloh yang sangat mudah dalam mendahulukan/ mempercepat azabnya kepada orang-orang yang ingkar kepada Alloh dan sangat melampaui batas. salah satu contohnya adalah azab Alloh kepada fir`aun. Fir`aun adalah seorang raja yang mempunyai kekuasaan yang sangat besar hingga ia mengakui dirinya sebagai Tuhan yang maha tinggi. dia sudah berkali-kali di peringatkan agar dia kembali kejaln yang lurus melalui Nabi Musa namun dia tetap membangkang. akhirnya Allloh mempercepat azab kepadanya dan dia pun di tenggelamkan ke dalam laut merah. selain itu masih banyak kisah -kidah dalam Al Quran yang menggambarkan betapa mudahnya bagi Alloh untuk mendahulukan azabnya di dunia ini kepada orang yang di kehendakinya, tanpa menunggu hari akhir, selain itu masih banyak lagi kisah lainya yang membuktikan betapa mudahnya bagi Alloh untuk mendahulukan azabnya kepada oang yang di kehendakinya dintaranya: di hancurkanya kaum Nabi Nuh yang tidak mau beriman kepada Alloh, dengan didatangkanya air bah/banjir yang sangat besar. dan masih banyak kisah lainya dalam Alqura`an yang menjukan betapa mudahnya bagi Alloh untuk mendahulukan azabnya kepada orang-orang yang sangat ingkar kepadaNya, bukan berarti di dahulukanya Azab Alloh didunia mereka akan bebas dari siksa Alloh nantinya di akherat.
Dengan di dahulukanya azab Alloh di Dunia kepada orang-orang yang ingkar, agar bisa jadi pelajaran bagi umat yang sesudahnya.Selain Alloh bisa mendahlukan azabya di dunia ini kepada orang-orang kafir. bagi Alloh juga sangat untuk mendahulukan ni`matnya kepada orang yang sholeh yang di luar jangkaun otak manusia.
sebagai contoh; Dimenangkanya kaum muslimin dalam perang badar yang pada waktu itu jum kaum muslimin 300 orang menghadapi3000 0rang kafir. yang menurut akal manusia tidak mungkin kaum muslimin mengalahkan kaum musyrikin yang jumlahnya tidak seimbang. tapi dengan kehendak Alloh kaum muslimin memenangkan peperangan tersebut.


Al Muakhkhir(Maha Mengakhirkan)

Alloh mempunyai sifat Al Muakhkhir yang artinya Alloh Maha kuasa untuk mengakhirkan atau memperlambat segala urusan. selain Alloh bersifat maha mendahulukan Alloh juga bersifat maha mengakhirkan segala sesuatu. Contohnya Alloh juga bisa mengakhirkan/ memperlambat azabnya kepada orang-orang kafir. sehingga Alloh tidak mengazabnya di dunia melainkan mengakhirkan azabnya di akherat nanti.
Alloh berfirman yang artinya"Dan janganlah sekali-kali kamu(Muhammad) mengira bahwa Alloh lalai dari apa yang di perbuat oleh orang-orang yang dzalim. sesungguhnya Alloh memberi tangguh kepada mereka samapi hari yang pada waktu itu mata (mereka) terbelalak".
( QS.Ibrahiim[14]:42)

1 komentar:

  1. GOSLOT88: Best casino software and software provider
    The 구리 출장안마 latest and greatest GOSLOT88 slots software 여수 출장샵 solutions, including 광주 출장안마 the biggest jackpots and 순천 출장안마 the best 울산광역 출장안마 software in Asia.

    BalasHapus